Jumat, 02 Desember 2011

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Permintaan individu terhadap suatu barang atau jasa dipengaruhi oleh hal-hal berikut ini :
a.       Selera
Selera bisa menjadi penentu permintaan yang paling jelas.
b.       Harga Barang atau Jasa
Harga barang suatu produk merupakan penentu permintaan yang paling penting. Seperti pada hukum permintaan, jika harga barang naik, kuantitas yang diminta dari barang tersebut turun, sedangkan bila harga turun, kuantitas yang diminta dari barang tersebut naik. Hal ini karena dipengaruhi oleh efek pendapatan dan efek subtitusi.
c.       Pendapatan
Jumlah pendapatan mempengaruhi permintaan. Jika jumlah pendapatan berkurang, permintaan juga akan berkurang. Barang yang berkurang permintaannya ketika pendapatan berkurang disebut barang normal, misalnya buah-buahan, susu, dan sebagainya. Sedangkan barang yang meningkat permintaannya karena pendapatannya berkurang disebut barang inferior.
d.       Harga Barang Lainnya yang Berkaitan (Subtitusi/Pelengkap)
Harga barang lain ikut mempengaruhi permintaan terhadap suatu barang. Seperti pada hukum permintaan, kaitan suatu barang bisa berbentuk subtitusi (saling menggantikan) atau komplemen (saling melengkapi)
e.       Ekspekstasi
Ekspektasi (perkiraan tentang masa depan) ikut mempengaruhi permintaan. Jika diperkiraan harga suatu barang akan naik ditahun depan, maka konsumen akan membeli barang tersebut tahun ini, begitu juga sebaliknya, jika diperkirakan harga suatu barang akan turun tahun depan maka konsumen akan menunda pembelian barang tersebut hingga tahun depan.

Perubahan Permintaan
            Pada kurva permintaan dan hukum permintaan digambarkan dengan mengansumsikan hal-hal lain selain harga barang tersebut, seperti pendapatan, selera, dan ekspektasi konsumen tetap atau tidak berubah. Hal ini disebut ceteris paribus. Jika hal-hal lain tersebut berubah, maka akan terjadi perubahan permintaan
a.       Perubahan Pendapatan
Jika pendapatan konsumen meningkat, sedangkan harga barang tetap, maka kuantitas yang diminta akan bertambah sehingga menyebabkan permintaan konsumen meningkat. Namun apabila pendapatan konsumen mengalami penurunan, sedangkan harga barang tetap, kuantitas yang diminta akan turun sehingga menyebabkan permintaan konsumen menurun.
b.       Perubahan Selera
Jika selera berubah, maka permintaan terhadap suatu barang juga bisa berubah.
c.       Perubahan Harga yang Berkaitan
Kaitan suatu barang tertentu dengan barang lainnya bisa secara subtitusi atau komplementen.

SUMBER : Buku Ekonomi 1 (yudistira) Dra.Hj. Sukwiaty dkk

1 komentar:

  1. Thanks for providing such a great article, it was excellent and very informative.
    as a first time visitor to your blog I am very impressed.
    I found a lot of informative stuff in your article. Keep it up. Thank you.
    I introduce a Economics student in Islamic University of Indonesia Yogyakarta

    twitter : @profiluii

    BalasHapus